Pendidikan

PKKMB UNILA 2026: 11-14 Agustus

Tulisan saya mengenai apa saja yang saya pelajari di PKKMB Unila 2026, NextGen: Grow - Connect - Impact. Kegiatan selama empat hari ini membuat saya memahami bagaimana agar bisa mengikuti perkuliahan dengan baik dan tidak bingung. Kegiatan ini menjadi langkah awal saya sebagai mahasiswa baru di Universitas Lampung.

Ratuneiska
4 menit baca
PKKMB UNILA 2026: 11-14 Agustus

Pengalaman saya sebagai mahasiswa baru Universitas Lampung 2026 yang mengikuti kegiatan PKKMB UNILA 2026, NEXT GEN: Grow, Connect, Impact.

Tanggal 11 Agustus 2026

Hari Pertama PKKMB

Materi pada hari pertama yang menarik bagi saya adalah pengenalan konsep dari tema PKKMB yaitu UNILA NextGen: Grow, Connect, dan Impact.

Dimana konsep tersebut bermakna bahwa mahasiswa diharapkan untuk terus berkembang, menjalin relasi dengan orang lain, serta mampu memberikan manfaat atau dampak positif bagi lingkungan, masyarakat, dan universitas.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dari ibu Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., ASEAN Eng. sebagai Rektor Universitas Lampung. Beliau juga memperkenalkan para pemimpin Universitas Lampung.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Gubernur Lampung, beliau menjelaskan tentang peran mahasiswa sebagai subjek pembangunan. Tiga peran tersebut ialah, Agent of Change, Social Control, dan Iron Stock.

Selanjutnya penyampaian materi tentang bela negara. Sebagai warga negara, mahasiswa pastinya memiliki peran untuk menjadi warga negara yang baik. Contoh aksi nyata yang bisa mahasiswa lakukan seperti: belajar dengan sungguh-sungguh, melakukan pengabdian terhadap masyarakat, menjaga persatuan, menghormati keberagaman dan masih banyak lagi.

Disampaikan juga kepada kami para mahasiswa mengenai keselamatan dan keamanan selama dikampus, karena pastinya kita ingin berada di lingkungan kampus yang nyaman dan juga aman.

Tanggal 12 Agustus 2026

Hari Kedua PKKMB

Pada PKKMB hari kedua, materi yang disampaikan lebih banyak membahas perkembangan teknologi serta tantangan yang dihadapi mahasiswa di era digital. Kemajuan teknologi telah memberikan perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam memperoleh informasi, berkomunikasi, dan mendukung proses pembelajaran.

Adapun mereka membahas tentang penggunaan AI. Pemateri menyampaikan bahwa teknologi yang sangat bagus seperti Artificial Intellegence dapat sangat membantu dan mempermudah mahasiswa jika dipergunakan dengan benar. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang menggunakannya dengan cara yang salah. Oleh karena itu, penggunaan AI harus dengan bijak dan memiliki rasa bertanggung jawab agar tidak membawa dampak negatif pada diri sendiri maupun orang lain.

Materi selanjutnya adalah pemberitahuan tentang fasilitas yang ada di kampus, layanan kesehatan, kemahasiswaan dan masih banyak lagi.

Setelah itu, ada pengenalan organisasi mahasiswa tingkat universitas. Banyak sekali organisasi yang menampilkan penampilan yang sangat menarik dan dari penampilan tersebut saya jadi mengetahui apa saja organisasi mahasiswa yang ada di Universitas Lampung.

Tanggal 13 Agustus 2026

Hari Ketiga PKKMB

Di hari ketiga ini sudah memasuki tingkat PKKMB Fakultas. Saya mengikuti PKKMB di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.

PKKMB FEB UNILA 2026 memilih tema “Mencetak Insan Akademis, yang Kritis, Inovatif, dan Berintegritas, untuk Masa Depan Berkelanjutan.”

Di PKKMB FEB ini saya mendapatkan materi mengenai siapa saja pimpinan fakultas, lalu ada pengenalan bagaimana itu sistem perkuliahan, krs, sks, pembimbing akademik, kelas internasional dan sebagainya.

Setelah mendapatkan materi tersebut, saya jadi lebih paham bagaimana jadwal perkuliahan, cara untuk mengetahui mata kuliah yang diambil, dan cara bergabung dengan kelas internasional.

Selanjutnya ada pengenalan organisasi dan kegiatan kemahasiswaaan. Organisasi kali ini tingkat fakultas dan tentu saja menarik untuk mahasiswa baru seperti sata yang perlu mengenal ada UKM apa saja di FEB.

Adapun kami sebagai mahasiswa baru di fokuskan untuk memahani program studi yang kami pilih, saya bergabung dengan program studi yang saya pilih yaitu S1 Akuntansi.

Pada materi itu, diawali dengan pengenalan tenaga didik atau dosen yang akan mengajar kami. Lalu, kami diarahkan apa saja yang harus kami lakukan sebagai mahasiswa akuntansi, bagaimana agar dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, bagaimana agar kita bisa menciptakan target untuk lulus tepat waktu dan mengurangi pengangguran. Lalu kami di beritahukan tentang bagaimana untuk mendapatkan beasiswa dalam negeri dan luar negeri.

Sehingga saya menjadi jauh lebih paham, karena penjelasan kali ini lebih spesifik dari yang sebelumnya.

Tanggal 14 Agustus 2026

Hari Keempat PKKMB

Pada hari keempat kami diberikan materi tentang perkembangan skill untuk mahasiswa FEB.

Banyak sekali yang saya bisa pelajari di PKKMB Unila 2026. Saya juga mendapatkan banayk teman dan banyak pengalaman baru.

00

Subscribe newsletter

Dapat email setiap kali Ratuneiska publish post baru. Tanpa spam, unsubscribe kapan saja.

Privacy: email kamu cuma dipakai untuk kirim post baru dari blog ini. Tidak di-share, tidak di-jual.

Komentar (0)

Memuat komentar…

    Tentang Penulis

    Ratuneiska

    Lihat semua artikel →